Bedah Rumah-rumah Warga Lingkar Tambang

Berjalan menyusuri desa-desa di lingkar tambang, di antara keindahan alam, akan dengan mudah kita temui rumah-rumah penduduk yang memprihatinkan. Terbuat dari bahan seadanya, sebagian tampak tidak kokoh. Jika dilihat lebih dekat, atap yang bolong di sana-sini, lantai tanah, tidak adanya kamar mandi dan toilet yang memadai. Ini menjadi keprihatinan pemilik dan Presiden Direktur PTNHM, H. Robert Nitiyudo Wachjo ketika mengambil alih saham mayoritas PTNHM pada Maret 2020.

Dengan cepat ide “Program Bedah Rumah” pun dibicarakan. Anggaran disiapkan, konsep pembangunan ulang juga disiapkan. Pembicaraan dilakukan dengan aparat desa-desa lingkar tambang oleh tim Kinerja Sosial PTNHM. Program Bedah (bangun) Rumah disepakati dengan anggaran Rp. 60.000.000,00 setiap rumah, dengan pembagian Rp. 40.000.000,00 untuk konstruksi rumah, Rp. 10.000.000,00 untuk perlengkapan rumah dan Rp. 10.000.000,00 untuk diberikan kepada pemilik rumah.


Program ini telah berkembang cepat dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Hingga bulan November 2022, tercatat sudah sebanyak 141 rumah baru telah dibangun dan diresmikan. Rumah-rumah yang telah diselesaikan tersebut berada di Kecamatan Kao Teluk sebanyak 18 rumah, di Kecamatan Malifut 24 rumah, di Kecamatan Kao 34 rumah, kemudian di Kecamatan Kao Utara 21 Rumah, dan di Kecamatan Kao Barat sebanyak 44 rumah. Per tanggal 30 Agustus 2021, anggaran yang telah dibelanjakan terkait program Bedah Rumah ini adalah sebanyak Rp. 5.870.000.000,00.



Inggit Ganarsi dari Desa Tiowor Kini Tinggal di Hunian yang Lebih Baik


Inggit Ganarsi, yang populer dipanggil Mama Owa, adalah seorang janda dengan dua anak yang tinggal di Desa Tiowor, kecamatan Kao Teluk, Halmahera Utara, dia adalah salah satu penerima manfaat program renovasi Bedah Rumah. Desa tempat Mama Owa tinggal, Desa Tiowor, merupakan salah satu desa yang berada di kawasan lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM). Mama Owa dan kedua anaknya bahagia setelah melihat rumah darurat mereka yang sebelumnya berkondisi buruk, berubah menjadi rumah beton yang kokoh, bersih dan sehat. Pembangunan kembali rumah Mama Owa dilaksanakan sejak 11 September hingga 1 Desember 2020.

Kepala Desa Tiowor, Iskandar Karim, berbagi kebahagiaan bersama dengan semua penduduk Desa Tiowor dalam membangun kembali rumah Mama Owa. “Terima kasih Tuhan. Bapak Haji Robert, terima kasih kepada Anda dari kami semua di sini penduduk Desa Tiowor, untuk salah satu penduduk desa kami yang dulu tinggal di rumah tidak layak sekarang dia memiliki rumah yang baik dan sehat. Alhamdulillah,” kata Iskandar yang juga ketua Forum Kepala Desa di Kecamatan Kao Teluk, kepada tim Komunikasi PTNHM.

Program Bedah Rumah ini diinisiasi oleh H. Robert Nitiyudo, pemilik dan Presiden Direktur PTNHM. “Saya tidak ingin melihat rumah di sekitar lokasi penambangan yang tidak layak untuk ditinggali. Sedih melihat mereka. Mari kita bantu mereka,” kata Haji Robert saat itu, ketika mengikuti perjalanan darat menjelajahi jalan-jalan di sekitar lokasi penambangan.




Halmaheraraya.id, 5 November 2021

DPRD Halut Apresiasi Program Bedah Rumah Melalui Haji Robert Peduli


Chairman of Halut DPRD, Janlis Gehanua Kitong.

TOBELO, HR—- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Halmahera Utara (Halut) menyampaikan apresiasi dan mendukung program bedah rumah dari pemilik PT. Nusa Halmahera Minerals (PT. NHM) Haji Robert Nitiyudo Wacjo untuk masyarakat lingkar tambang yang tidak mampu,” Lembaga ini (DPRD, red) mengapresiasi dan mendukung langka Haji Robert membangun bedah rumah untuk warga tidak mampu di lingkar tambang,” Ujar ketua DPRD Halut, Janlis Gehanua Kitong, Jumat (05/11/2021).

Menurut Janlis bahwa, PT NHM dibawa kendali Haji Robert terdapat perubahan yang signifikan keperpihakan Perusahan tambang emas terhadap warga lingkar tambang. Jika dibandingkan PT. NHM masih dikelola oleh Newcrest, Itu dibuktikan, melalui program Haji Robert peduli mampu menyentuh dibeberapa sektor baik itu, Pertanian, Keagamaan, Pendidikan, Kemanusiaan, dan bahkan untuk kesejatraan Pemerintah Desa dan Camat,” Haji Robert mampu membuktikan aksi kemanusiaan, dam Keagamaan, serta menjaga nilai-nilai kerukunan dan kedamaian bagi masyarakat lingkar tambang di Lima kecamatan, Kao, Malifut, Kao Teluk, Kao Barat dan Kao Utara,” ujarnya.

Politis partai Demokrat menambahkan bahwa program Haji Robert peduli dan CSR PT NHM melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mampu membuat terobosan kesejahtraan di wilayah lingkar tambang. Tentunya aksi kemanusiaan Pemilik PT. NHM ini, patut diberi jempol, lantaran keperpihakan terhadap rakyat kecil sangat nyata,” Aksi kemanusiaan Haji Robert ini, patut di dukung, dan saya berharap memberdayakan masyarakat dalam pekerjaan bedah rumah,” tandasnya (man).