Eksplorasi Agresif untuk Menemukan Cadangan Baru

PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) bersama PT Puncakbaru Jayatama terus melakukan eksplorasi di sejumlah area di dalam wilayah kontrak karya NHM di Gosowong. Aktivitas eksplorasi itu dilakukan dengan agresif. Indotan sebagai pemilik saham mayoritas NHM (75%) melakukan investasi sangat besar untuk upaya ini.

Kerjasama lainpun dilakukan. Aktivitas drilling eksplorasi dilakukan bekerjasama dengan Boart Longyear, Major Pontil dan PT Aneka Tambang (Antam). Dukungan transportasi helikopter bersama Airfast Indonesia juga dilakukan untuk kegiatan eksplorasi yang jauh dari wilayah penambangan aktif.



Investasi yang dilakukan oleh NHM juga termasuk pelibatan para geologis senior yang terlibat sangat aktif di tambang bawah tanah Toguraci dan Kencana sejak awal hingga menjadi deposit ekonomis. Para geologist senior tersebut sangat paham karakteristik wilayah tambang di Gosowong.

Saat ini ada sembilan rig yang beroperasi di surface, dan dua rig di bawah tanah (underground) dalam rangka melakukan pencarian cadangan-cadangan baru. Tim Geologis terus bekerja untuk memastikan jumlah cadangan yang dapat segera dikonfirmasi. Temuan-temuan cadangan baru tersebut menambah umur tambang Gosowong menjadi beberapa tahun lagi ke depan.



Lihat rilis pers dan berita media massa tentang penambahan cadangan baru Gosowong tersebut di:

Press Release: Penambahan Cadangan yang Besar di Tambang Emas Gosowong


Aktivitas Drilling secara Profesional dan Perhatikan Aspek Lingkungan

Pengeboran atau drilling adalah bagian dari aktivitas eksplorasi. NHM bekerjasama dengan PT Boart Longyear Indonesia (BLY) dalam hal ini. BLY sendiri telah mendukung aktivitas NHM di Gosowong sejak lama. Saat ini BLY menyewakan sejumlah alat yang diperlukan yaitu: 3x LM90 DCi (UG Rig), 1x LMA90 (UG Rig), 1x SC11 (Surface Rig), 1x LF230 (Surface Rig), 2x LF90 Track Mounted (Surface Rig), 1x LF90 Fly Rig (Surface Rig). Aktivitas drilling ini menargetkan kedalaman untuk underground Rig sekitar 300-an meter sedangkan untuk Surface Rig sekitar 1000-an meter. Para tenaga ahli NHM bekerjasama dengan para spesialis dan supervisor BLY.



Peralatan pendukung lainnya juga disediakan oleh BLY seperti pressure pump, supply pump, mixer pump, mixer tank dan mud tank serta down hole gears, down hole survey tools dan orientation equipment.

Aktivitas drilling juga melibatkan Antam sebagai pemilik saham di NHM selain Indotan. Aspek keselamatan dan kesehatan tenaga kerja sangat penting. Namun NHM dan mitra kerjanya juga memperhatikan aspek lingkungan, di mana manajemen pengelolaan dampak lingkungan dilakukan dengan sangat teliti.